left: 2px;style="position: fixed; bo">

Kamis, 19 Januari 2012

Sifat Rasulullah

Sifat Rasulullah SAW

Meneladani Sifat-Sifat Rasulullah SAW
1. Rasulullah SAW bersifat Shiddiq (jujur)
Sejak kecil Rasulullah SAW mempunyai sifat jujur, beliau tidak pernah berbohong kepada siapapun termasuk kepada pamannya yang bernama Abu Thalib. Ketika beliau dipercaya menggembalakan kambing-kambing miliknya selalu kembali dalam keadaan utuh, sekalipun kambing-kambing itu dalam jumlah yang besar.
Menginjak usia dewasa beliau membawa barang dagangan milik seorang janda kaya yang bernama Khadijah. Beliau berdagang ke Makkah dan Syam dengan dikawal oleh orang kepercayaan Khadijah bernama Maesaroh. Selama perjalanan Maesaroh melihat kejujuran beliau selama berdagang. Berkat kejujuran beliau itulah maka Khadijah menyatakan hendak menikah dengan beliau.

2. Rasulullah SAW bersifat amanah (dapat dipercaya)
Sebelum diangkat menjadi Rasul, Muhammad dikenal sebagai orang yang jujur, tidak senang berselisih, bermegah-megahan, hidup sederhana, sehingga dipercaya oleh orang-orang disekitarnya. Pada usia ke 35 beliau berhasil mendamaikan pemuka-pemuka Quraisy yang sedang berselisih saat memperbaiki Ka’bah, yaitu pada waktu peletakan kembali Hajar Aswad (batu hitam) pada tempatnya. Untuk menghindari perselisihan lebih lanjut, beliaulah yang dipercaya untuk memimpin peletakan Hajar Aswad tersebut. Peristiwa ini menimbulkan simpati yang besar dari orang-orang Quraisy, sehingga mereka memberikan gelar “Al-Amin”(orang yang dapat dipercaya) kepada beliau.

3. Rasulullah SAW bersifat Tabligh (menyampaikan)
Rasulullah SAW menerima wahyu Allah yang pertama pada tanggal 17 Ramadhan tahun ke 41 dari kelahiran beliau. Sejak itulah beliau diangkat oleh Allah menjadi Rasul. Semua firman-firman Allah yang beliau terima dari malaikat Jibril berupa ayat-ayat Al-Qur’an disampaikan kepada umatnya. Dalam waktu 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari beliau menerima ayat-ayat Allah sejumlah 30 juz, 114 surat dan 6666 ayat.
Beliau menyampaikan ayat-ayat Allah dengan cara yang hikmah, yakni secara baik-baik, lemah lembut tetapi jelas dan tegas sehingga dapat membedakan yang hak dan yang bathil. Beliau tidak pernah mencampuradukkan antara yang halal dan yang haram. Dan beliau tidak pernah memaksakan orang lain untuk memasuki Islam sebagai agamanya. Dengan strategi yang tepat maka dalam waktu yang relatif singkat banyak sahabat yang masuk Islam secara suka rela.
Beliau menyampaikan semua ayat-ayat Allah SWT, dan tak satupun ayat yang tertinggal, walaupun banyak rintangan yang menghalanginya. Banyak orang-orang kafir yang tidak suka dengan kegiatan dakwah beliau, karena ajaran yang dibawanya bertentangan dengan ajaran nenek moyang mereka, disamping mereka merasa takut kehilangan kekuasaannya.

4. Rasulullah SAW bersifat Fathanah (Cerdas)
Rasulullah seorang yang cerdas, beliau tidak pernah lupa menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Sejak kecil beliau terbiasa untuk mencari kebenaran, mencari nafkah, maupun dalam menyelesaikan persoalan hidup pribadi dan umatnya.


Beliau selalu menggunakan akalnya untuk memikirkan siapa sebenarnya Tuhan yang pantas disembah oleh manusia, asal mula kejadian manusia dan alam sekitarnya. Beliau sangat cerdas dalam memilih kehidupan baik dan benar, sehingga beliau tidak pernah berbohong, kikir, bermain judi, perempuan, minum-minuman keras, memakan barang haram, berfoya-foya, mengundi nasib,menyembah berhala dan lain-lain. Beliau orang yang jujur, bersifat sosial ramah, sopan, pengasih, penyayang, sabar, dan bersih dari kebiasaan-kebiasaan jahiliyah dalam beribadah maupun berperilaku di masyarakat.
Selain mampu memimpin, beliau juga mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh umatnya dengan cepat dan tepat. Beliau sangat cerdas dalam menyelesaikan masalah agama, keluarga, sosial, maupun peperangan. Dalam masalah agama beliau menjelaskan dengan jelas dan masuk akal. Dalam masalah keluarga beliau sering menikahkan sahabatnya dengan perempuan yang baik-baik. Dalam masalah sosial beliau selalu mengajarkan kebersamaan, kekeluargaan dan musyawarah untuk mufakat. Serta dalam masalah peperangan, berkat kepandaian beliau dalam strategi perang, maka peperangan yang beliau pimpin selalu mengalami kemenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar