left: 2px;style="position: fixed; bo">

Senin, 16 Januari 2012

Pengertian Tata Surya

Pengertian Tata Surya
Tata Surya, adalah suatu sistem di jagat raya yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet (termasuk Planet Bumi), satelit-satelit alam (misalnya bulan), asteroid, komet, meteor, debu, kabut, dan benda-benda lainnya sebagai anggotanya yang beredar mengelilingi pusatnya, yakni matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapatlah diduga bahwa bintang-bintang yang lainnya kemungkinan besar mempunyai sistem seperti tata surya. Dengan kata lain, bukan tidak mungkin setiap bintang mempunyai sistem bintang seperti matahari, sebab matahari hanya merupakan satu dari milyaran bintang yang ada di jagat raya.

Jika kamu mengatakan alam semesta, maka terkandung pengertian tentang sesuatu yang luas atau tak terhingga. Itulah jagat raya, merupakan ruang tak terbatas tempat di mana ribuan galaksi berada dengan jarak yang sangat besar dan masing-masing berukuran besar pula. Galaksi kita yaitu tempat matahari kita sebagai anggotanya dinamakan Bima Sakti (Milky Way) memiliki diameter 80.000 tahun cahaya. Galaksi yang terdekat dengan Bima Sakti ialah Awan Magellan (Magellanic Clouds) memiliki jarak 160.000 tahun cahaya. Matahari merupakan pusat dari sistem tata surya yang di dalamnya terdapat planet-planet sebagai anggotannya, termasuk bumi kita. Matahari hanya merupakan sebuah bintang dari sekitar 200 milyar bintang yang ada di Galaksi Bima Sakti.


Berikut ini melukiskan urutan gambaran ukuran di jagat raya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh4_bvHyGyeqoZjyYM5Yq3Xvwbs_CiCIw8cqqKzQnOBGsuhS-AKnXTLrDEYRFm9474hl0ITKAMnziTPRKzeuYhoyC2DB8_j_MKQZdfQKn4AWO1cssddWELbW6eQJmVxO-kfmr6yE1tW54E/s320/3.1.jpg

A. Jarak khatulistiwa bumi = 6.370 km.
B. Jarak Bumi dengan Matahari = 149.600.000 km = 1 Satuan Astronomis
C. Jarak Matahari dengan Alpha Centauri = 4,5 tahun cahaya.
D. Panjang Galaksi Bima Sakti = 80.000 tahun cahaya
E. Jarak Galaksi Bima Sakti dengan Kabut Magellan = 160.000 tahun cahaya.
F. Panjang Galaksi Andromeda = 180.000 tahun cahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar